Kamis, 05 Maret 2009

Thinking, Discussing, Sharing and Moving


Perkuliahan Minggu ke-4 ini saya ingin sedikit keluar dari rutinitas sistem penyampaian materi melalui ceramah. Saya rasa mahasiswa saya pun akan merasa jenuh dengan sistem pembelajaran yang itu-itu saja. Selain itu saya pun ingin melihat respon dan keaktifan siswa ketika diajak sedikit bergeser dari yang namanya rutinitas.

Pertanyaan besar saya adalah 'Apakah mereka antusias atau malah menolak perubahan??'. Mengapa pertanyaan itu muncul? Karena tidak semua orang suka akan perubahan, masih banyak orang yang memiliki resistansi sangat tinggi terhadap yang namanya perubahan. Sementara saya sering mengkategorikan diri saya sebagai manusia anti kemapanan yang benci dengan hal-hal rutin dan monoton.

Saya awali perkuliahan saya dengan simple motivating strategy, dengan hanya membagi siswa kedalam beberapa kelompok dengan 'cara' saya. Dan hasilnya, saya melihat begitu banyak TANDA TANYA besar terlihat di wajah mahasiswaku...pasti mereka sedang bertanya-tanya...apa yang sedang dikerjakan sang dosen ini. Tapi lama-kelamaan, kerut-kerut di kening mereka pun mulai berkurang disaat mereka mulai memahami apa yang sedang terjadi di dalam kelas.

Alhamdulilah...kegiatan hari itu berjalan seperti yang saya harapkan. Ternyata mahasiswaku cukup berjiwa reformis dan tidak resistant pada perubahan. Walaupun tidak sempurna dan perlu polesan disana-sini namun setidaknya saya bisa melihat energi dan motivasi siswa yang sangat besar memenuhi ruang kelas. Mereka berpikir, berdiskusi, berbagi dan bergerak...dan mereka masih bisa tersenyum... Seeing the smile in the faces of students could be the most precious gift for a tutor. Thanks all...for being very cooperative in the classroom.

2 komentar:

  1. wah hebat kalau di luar kelas gimana bu?sambil jalan- jalan dan makan-makan heheh
    pasti banyak makan dan mainnya.

    BalasHapus
  2. To Idris: boleh2, nanti kamu jadi seksi konsumsinya ya

    BalasHapus