Kamis, 28 Mei 2009

Reflection on Students' Reflection (season II)

Akhirnya selesai juga membaca semua refleksi mahasiswaku. Proses membaca ini sangat saya nikmati, ada saat dimana saya tertawa atas kekonyolan kami didalam kelas, tersenyum atas komentar-komentar siswa, tersipu atas pujian (serta komentar mereka ketika saya marah di kelas), sampai merinding karena banyak perubahan dan impact yang terjadi setelah melewati satu semester ini.

Isi reflkesi mhsw sangat bervariasi, dari mulai yang standard dan ala kadarnya, yang kreatif, sarat dengan ide, kritik dan masukan untuk saya, yang berbunga-bunga dan membuat saya mengharu-biru pada saat membacanya, sampai yang bombastis penuh dengan cross-reference yang menunjukan pengetahuan tambahan siswa diluar materi yang saya bahas di dalam kelas. Yang paling membuat saya tersentuh adalah episode dimana mereka melaporkan bahwa kegiatan, metode, serta teknik pembelajaran yang saya sampaikan, mereka terapkan di kelas dan hasilnya pun cukup memuaskan. Alhamdulilah...berarti kerja keras kita semua sedikit-sedikit membuahkan hasil.

Satu yang saya temukan di luar kegiatan akademik. sebagai seorang dosen/guru yang tampil di depan kelas, ternyata semuanya diamati oleh siswa. Dari mulai tutur kata, gerak gerik, tingkah laku, cara berpakaian, cara berjalan, gaya bicara sampai raut muka yang agak sedikit masam pun tidak luput dari rekaman puluhan pasang mata. Hal ini bisa menjadi modal kita untuk memberikan contoh atau model yang baik pada siswa, tetapi juga bisa menjadi boomerang ketika kita menampilkan sesuatu yang tidak patut untuk dicontoh.

2 komentar:

  1. Thanks a lot bu..
    sajauh ini banyak hal saya dapat dari pembelajaran p3bi mulai dari metode pengajaran menggunakan multi media yang merupakan langkah alternatif yang sangat ampuh yang membuat siswa menjadi sangat terfokus pada pembelajaran,(walaupun masih mengandalkan ceramah). yang kedua mengenai metode-metode atau teknik pembelajaran yang di berikan bu Finita ini sangatlah bervariasi dan menarik seperti whole languange yang dimulai secara menyeluruh ke hal yang simpel, lalu mengenai syair puisi yang yang di lantunkan dengan lirik lagu populer,senam jari(oleh-oleh dari bantul) tiap pagi slalu saya terapkan sebelum memulai pembelajaran ternyata sangat efektif dalam meningkatkan konsentrasi siswa(ini penting loh.......) banyak metode lain seperti fair media teaching, dll deh (dan lupa lagi) tapi semua metode yang saya tiru dari ibu semuanya benar-benar membuat siswa-siswa saya lebih bersemangat dalam pembelajaran(begitu pun saya).
    Selanjutnya mengenai teori, banyak sekali yang saya dapat kan mulai dari apa p3bi itu sendiri dilanjut ke teori ilmuan besar seperti Dorothy L Noite sampai pada teori yang bersumber dari ibu sendiri sungguh sangat menambah pengetahuan saya dibalik itu saya pun mendapatkan hal lebih luar biasa, keberhasilan siswa-siswa saya dalam pembelajaran merupakan hasil langsung dari apa yang saya dapat dari ibu.(jarang sekali dosen PGSD yang bisa saya jadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran saya di sekolah)
    Yang paling super adalah semangat saya untuk terus meningkatkan kemampuan mengajar, ini ditujukan agar siswa yang saya didik dan saya ajar menjadi lebh baik dan semangat itu saya dapat ketika pembelajaran P3BI oleh ibu(g cuma ibu sih...!!! :-) tapi mata kuliah anda yang paling dominan)
    Mungkin seperti ini lah point-point utama yang saya dapat setulnya masih banyak yang bisa di tuliskan tapi dengan batasan 200 kata sepetinya ini cukup untuk mewakili semuanya.
    in the end anda adalah salah satu dosen diantara beberapa dosen favorit saya di PGSD saya ucapkan terima kasih banyak semoga ketemu lagi di mata kuliah selanjutnya

    BalasHapus
  2. Thanks...cukup lengkap dan compact komentarnya :)

    BalasHapus